DaerahKamtibmas

Kebakaran Hebat di Klandasan Balikpapan, Brimob Turunkan Pasukan dan Water Canon Bantu Padamkan Kebakaran

BALIKPAPAN, Total 16 bangunan terbakar saat api mengamuk di RT 27 dan RT 30, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Selasa (9/8) siang.

“Data sementara ada enam ruko dan sepuluh rumah di dua RT yang terbakar, tidak ada korban jiwa,” kata Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, SIK, MH.

Proses pemadaman api, diakui Kombes Andy Rifai sempat terkendala lalu lintas yang padat lantaran mendekati jam istirahat makan siang.

Material rumah yang didominasi kayu ditambah angin laut yang berembus cukup kencang membuat api dengan cepat membesar.

“Warga banyak yang menonton dan menarik selang untuk diarahkan ke rumahnya, padahal petugas sedang bekerja,” kata Kombes Andy Rifai.

Tak kurang 16 armada truk pemadam milik BPBD Balikpapan dikerahkan untuk memadamkan api. Truk water canon dari Satbrimob polda Kaltim juga diterjunkan untuk menjinakkan jago merah.

Awalnya Posko Respons Bencana Brimob Polda Kaltim mendapat laporan dari relawan Bencana Kota Balikpapan, Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim, langsung menurunkan personel berkemampuan SAR atau tim Respons Bencana untuk membantu pemadam memadamkan api.

Terlihat personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim dan petugas pemadam kebakaran serta masyarakat setempat berusaha memadamkan kobaran api yang sudah melahap ruko dan rumah.

Sebanyak satu regu personel Batalyon A Pelooor Satbrimob Polda Kaltim berkemampuan SAR dan satu unit Water Canon Brimob berada di Lokasi dan membantu pemadaman.

“Saat mendapat laporan kejadian ini kami langsung bergegas menuju TKP dan membantu tim pemadam, kebetulan TKP lumayan dekat dari Mako kami dan kami bergerak semaksimal mungkin menuju lokasi kebakaran,” kata Kombes Andy Rifai.

Saat tiba di TKP, personel Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Kaltim langsung bergerak cepat membantu masyarakat dan petugas pemadam kebakaran untuk memadamkan api.

“Kami hadir dilokasi, kami harapkan kepada masyarakat untuk tetap tenang, kami (Brimob) dan pemerintah setempat bersama Kewilayahan akan membantu masyarakat,” ungkap Kombes Anddy Rifai.

Saat dikonfirmasi, Dansat Brimob Polda Kaltim Kombes Pol. Andy Rifai, SIK, MH membenarkan hal tersebut.

“Jadi betul tadi siang terjadi kebakaran di RT 27 dan RT 30, Kelurahan Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, lokasi lumayan dekat dari Mako Batalyon A Pelopor Brimob Polda Kaltim dan pihak kami langsung ke TKP untuk membantu masyarakat,” kata Kombes Andy Rifai.

Andy Rifai juga menyampaikan, kami akan terus hadir untuk masyarakat, memberikan rasa aman dan menjaga kondusifitas kamtibmas.

“Kami akan terus hadir untuk membantu masyarakat, ini kami lakukan sebagai wujud Bhakti Brimob untuk masyarakat,” pungkas Kombes Andy Rifai.

Related posts
EkonomiKamtibmas

Brimob Polda Kaltim Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Secara Virtual

BALIKPAPAN, Jajaran Satbrimob Polda Kaltim Batalyon A Pelopor mengikuti Upacara Peringatan Hari…
Read more
EkonomiKamtibmas

Brimob Kaltim Turut Hadir Dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Berau

BERAU – Sabtu (01/10/2022) Personel Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Kalimantan…
Read more
EkonomiKamtibmas

Dalam Rangka HUT TNI ke-77 Brimob Kaltim Ikuti Giat Donor Darah

BERAU – Personel Kompi 3 Batalyon C Pelopor Satuan Brimob Polda Kaltim mengikuti kegiatan…
Read more

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.